Monday, August 27, 2018

Memeriahkan Perayaan yang ke-73 Ulang Tahun Republik Indonesia

Source: tribunnews.com



Memeriahkan Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia  memang satu moment yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Pada ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 tahun ini logo dari Pemerintah melalui Sekretariat Negara telah diresmikan pada tangga l 9 Agustus 2018 tentang angka 73. Logo ini berbentuk angka 7  menyatu dengan angka 3 --  digunakan untuk setiap kegiatan dalam merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia beserta slogannya: "Kerja Kita -- Prestasi Bangsa"

Sebagai warga negara Indonesia yang baik sudah seharusnyalah kita menghormati Bendera  Merah Putih kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia. Menghormati dalam arti tidak menyepelekan keberadaan Sang Merah Putih, menempatkannya di tempat yang layak dan tidak di sembarang tempat. Pun tidak mengibarkannya di sembarang waktu.  Kenapa? Karena itu adalah Bendera Kebangsaan yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya. Menghormatinya sekaligus mengibarkannya pada saat-saat yang tepat, sesuai dengan instruksi dari Pemerintah.


Di Wilayah RT-04/RW-10, tempat di mana aku bermukim juga warga begitu antusias untuk ikut aktif meleburkan diri dalam perayaan ini. Para pemudanya yang tergabung dalam Karang Taruna, kebanggaan RT-04 -- Ramli yang acap disebut Ale sebagai Ketua Karang Taruna pun mengambil peran yang penting berusaha untuk mensukseskan aktivitas ini.


Kebetulan aku masih belum fit banget untuk mengikuti seluruh rangkaian acara lomba. Aaarrrgghh lagi-lagi soal kesehatan nih dan soal umur, hehe...yang mengganjal staminaku untuk full berpartisipasi di RT-04 tercinta ini. Hanya rasa hormat, bangga, dan salut karena RT-04 memiliki Bapak dan Ibu RT yang berjiwa muda (emang masih muda kelles!) -- mereka berdua aktif memacu semangat warga untuk bersama menyambut Hari Kemerdekaan R.I. ini dengan penuh semangat ditopang oleh semangat para pemuda Karang Taruna RT-04.

Beberapa lomba bisa aku tuliskan dalam postinganku kali ini, tapi sebelumnya beberapa foto dari para peserta sebelum lomba berwelfi-ria di depan rumahku. Inilah antara lain para peserta tersebut sebelm in action dalam lomba:






Dokpri

Lomba Poco-Poco antar wilayah Rukun Warga-10 yang aktif diikuti oleh 5 (lima) Grup Tari/Senam Poco-Poco dengan tema lagu yang berbeda sesuai dengan selera dan kreasi mereka.  Kurang dari lima hari selama satu jam mereka berlatih, baik yang sudah bisa, ataupun yang sama sekali belum bisa, disulap menjadi trampil bergaya dan mengikuti kreasi senam/tari poco-poco. Amazing, grup RT-04 berhasil menggondol Juara I dengan kriteria penilaian: keseragaman pakaian, kekompakan gerak seirama dengan musik, tidak ada kesalahan gerak dan gaya serta kritria lain yang ditentukan oleh Juri Tunggal. Alhamdulillah tidak sia-sia usaha mereka yang terlibat langsung dengan gerak tari yang dilombakan ini.


 Adalah Bapak Drs. Hartono Warsito, Ketua Rukun Warga-010 yang selalu mendukung setiap kegiatan positif dari RT di wilayahnya. Beliau tidak segan duduk di antara puluhan anak-anak yang akan mengikuti beraga lomba (dok. Ramli).  



Lomba menggambar/mewarnai untuk anak-anak usia balita



Sumber foto2 dokumentasi Bu Haris (Bu RT04/RW10)

Lomba sepeda hias antara lain foto yang bisa aku muat sbb:

Lomba sepeda hias -  Ramli yang selalu  semangat dalam setiap kegiatan
(Ketua Karang Taruna RT4/RW10) - dok Bu RT04

Sumber: foto2 dokumentasi Bu Haris (Bu RT04/RW10)
Beberapa lomba antara lain Lomba makan kerupuk untuk dewasa; Dansa pasangan dengan balon di kening dan banyak lagi ragam lomba dalam memeriahkan Pesta Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 ini yang akan terlalu berat kalaau aku muat semuua di sini, hehehe...#alasan.

Berikut adalah foto bareng seusai lomba Poco-Poco antar RT di wilayah RW10.

Baris depan: ka/ki: Pasangan Pak dan Bu RT04/RW10 (Pak Haris dan Bu Asnaida)m -- Dokpri


Catatan: Malam Puncak Perayaan Hari Kemerdekaan ini akan diadakan oleh RT (24 Agustus) dan juga oleh RW (25 Agustus). In Shaa Allah aku akan menorehkan catatan dalam blog ini. Kenapa? Ya, sambil melancarkan belajar ngeblog, hehe...













REFERENSI:

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/08/09/5-fakta-logo-resmi-hut-ke-73-kemerdekaan-ri-17-agustus-2018-ternyata-ini-maknanya

4 comments:

  1. Merdeka! Wah asik banget ada lomba poco2nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, adipraa.com banyak ragam lombanya. Dan Poco-Poco Dance-nya meraih Juara I dari 5 RT yang berpartisipasi. Terima kasih sudah mampir ke blog bunda yang masih mau di-renovasi nih. Masih mikir, hehe...

      Delete
  2. Keren nih warga sekitar tempat tinggal Bunda Yati, masih suka kumpul rame2 menggelar lomba2 tujuhbelas agustusan. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, beneran keren lho, kami kompak banget bapak2nya or ibukibuknya juga, hehe... Walaupun bunda seringkali gak di rumah tetap komunikasi lacar jaya melalui Grup WA. Terima kasih kunjungan @ritaasmaraningsih ke blog bunda.

      Delete