Tuesday, August 18, 2015

Tinggalkan Bisnis Online, Berkurangkah Ilmuku?

Gb.d/Google
Hari ini belum ada ide yang bersliweran yang bisa kutangkap. Aku gunakan waktu di mana tak ada satu ide pun dalam benak yang siap aku tebarkan dalam halaman ini. Aku pun seperti ingin menengok kebelakang, ketika aku memiliki keinginan untuk berselancar di dunia maya ini. Apa sebabnya? Untuk apa? Semua tanya itu tetap saja mengambang dan tidak menemukan jawab yang pasti. Mungkin hatiku yang bimbang untuk menjawabnya, padahal sejak muncul blog yang aku beri nama MENGGAPAI ASA dengan link url panjang  http://goodcrab-stopdreamingstartaction.blogspot.com/, yang erat kaitannya dengan Bisnis Online, aku begitu mantap bisa terus eksis di dunia maya berkecimpung dalam bisnis online. Namun ternyata, aku gagal. Mindset-ku kurang menggigit. Bisnis ini aku tinggalkan. Tapi setelah tinggalkan bisnis online berkurangkah ilmuku? Tidak! Ilmuku bahkan bertambah setelah itu.


Karena belum berhasil menangkap sebuah ide, hari ini aku mengunjungi blogku yang itu, ada sih kekecewaan, kenapa blog dengan judul MENGGAPAI ASA aku tinggalkan hanya karena aku kurang gigih. Kalau saja kegigihan itu aku pertahankan dan terus bersemangat, tentu akan lain ceritanya. Kembali kepada pertanyaanku yang tadi: Tinggalkan Bisnis Online Berkurangkah Ilmuku? Sebetulnya plus minus juga, kalau boleh aku katakan. Lho, koq plin plan sih, ya? Begini: melihat tampilan blogku yang itu dengan pernak-perniknya yang sekarang aku anggap "koq bagus, ya" -- aku sudah lupa bagaimana cara membuatnya, hehe... pastinya dulu aku sudah memiliki rasa penasaran seperti sekarang adanya. Jelasnya -- suka kutak-katik bersama Paman Google. Blog itu sebetulnya sudah lama aku delete, tapi koq masih juga nongol ya di deretan blogku.

Aku, diam-diam, kagum sendiri melihat tampilan blog tersebut #karenagakadaoranglainyangkagum -- melihat kontennya, memandang ada banner yang blinking, gimana tuh ya dulu aku membuatnya. Berbicara tentang tampilan dengan pernak-perniknya mungkin aku akan mengatakan ilmuku berkurang, tapi kalau melihat blogku yang terkini dengan domain yang sudah memiliki dot com dengan nama yang mudah diingat www.bundayati.com, tidak sepanjang url yang dulu, rasanya aku harus mengatakan bahwa pertanyaan di atas: Tinggalkan Bisnis Online Berkurangkah Ilmuku sudah terjawab di paragraph pertama. 

Tanpa tetap terlibat dengan bisnis online aku kini sudah mengalami kemajuan beberapa langkah dengan income yang aku dapat dari hasil beberapa review produk, walaupun jumlah jemariku sebelah tangan saja rasanya masih terlalu banyak. Tapi bukti bahwa aku sudah melangkah ke arah yang membuat diriku bisa merasakan hasil dari berselancar di dunia maya. Itu pasti! Keuntungan lain aku bisa mengikuti beberapa GiveAway, join Workshop/Seminar Menulis, menghadiri kopdar, bertemu teman dari komunitas lain. Pokoknya, semua itu membuat hidup ini rasanya semakin berwarna. Alhamdulillah.

Blogging for fun -- yups, sementara itu dulu, karena mencari yang lebih daripada itu tidak akan habis-habisnya. Senyumku tetap mengembang begitu memandang tampilan blog yang lahir tahun 2009 itu. Sudah 6 tahun usianya, hehe... melewati balita. Membaca beberapa komentar yang masuk dan lucu-lucu juga bunyinya, serasa tak ingin diri ini berpisah dari dunia bisnis online. Selagi aku mampu dan bisa menjalaninya, tidak selayaknya aku tinggalkan. Namun nasib berkata lain, aku masih di dunia maya, tapi bukan berkecimpung di Bisnis Online yang telah membawaku berkenalan dengan dunia maya.
Sumber Gbr. pixabay.com
Selama kita masih mau belajar dan menggali potensi diri agar bisa tampil seperti mereka yang memiliki tampilan blog indah, memukau dan mengagumkan dengan konten yang berbobot, mampu memonitize blognya, suatu saat, Insya Allah, aku pun harus bisa. Banyak teman yang baik hati tempat bertanya, banyak buku-buku yang bisa dibaca. Yang penting -- banyak membaca. Ingat! B-a-n-y-a-k m-e-m-b-a-c-a... #thisisanorderformyself...LOL


10 comments:

  1. Baru tahu, ternyata dulu Bunda sempat menggeluti bisnis online juga ya. Di mana pun Bunda, semoga kesuksesan selalu bersama Bunda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Yas, awal kenal dunia maya, hehe...Aamiin. Makasih kunjungan Mak Yas ke blog bunda.

      Delete
  2. Blogging for fun...dan menghasilkan ya, bunda
    Setujuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dwina, makasih si cantik ini berkunjung ke blog bunda. Apakabar? Betul Dwina, blogging for fun, tapi kalau kita mampu memonitize-nya, pastilah lebih fun lagi, hehe...

      Delete
  3. iyaaa bun...blogging for fun adalah awal segalanya :)..semoga nanti makin suksees ya buuun di dunia maya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Sebuah asa masih bunda gantungkan untuk diraih, hehe... Terima kasih kunjungan indah ke blog bunda.

      Delete
  4. Replies
    1. Alhamdulillah, kabar bunda sehat wal'afiat. Mudah-mudahan Astin begitu juga ya. Terima kasih kunjungan Astin ke blog bunda.

      Delete
  5. Ilmu bisa dicari dmna aja bund
    Eh btw kok sama ya..kalo liat blog sndr kok bisa ya bikin pernak pernik dan tempel widget, kalo skg disuruh coba pasti dah lupa ahhahahha

    Ayio bund bisnis onlinenya di tekuni lg hihihi

    ReplyDelete
  6. hmmmm.... jadi semakin tambah semangat.... kalau ibu yati bisa.. saya juga pasti bisa :)

    ReplyDelete